GERHANA MATAHARI



GERHANA MATAHARI

Alternative Link..!! [Click Here]

Gerhana Matahari

      Kenapa sih jaman dahulu kita oleh orang tua dilarang untuk melihat kejadian alam gerhana matahari,mungkin orang tua kita takut terjadi sesuatu dengan mata kita sehingga kita dilarang.Ada yang punya pendapat bahwa gerhana matahari itu terjadi karena ada buto ijo yang makan matahari,dari berbagai perkembangan kita bisa memahami terjadinya gerhana matahari bukan karena terjadinya buto ijo yang makan matahari yang sering kita dengar dari crita masyarakat jawa jaman dahulu.Mungkin kita harus mengubah paradiqma ortu dan orang di sekitar kita masalah gerhana matahari
Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin pun ikut mengimbau agar warga bisa melihat fenomena yang indah ini. Jangan sampai keindahan gerhana matahari total justru dihindari seperti yang pernah terjadi di Indonesia pada 1983.
"Ini perlu dipahami bersama bahwa ketika Gerhana Matahari Total tahun 1983, para ilmuwan menyebut seperti pembodohan masal. Seolah-olah Gerhana Matahari Total itu memancarkan radiasi tertentu yang membahayakan. Sesungguhnya tidak," kata Thomas seperti dikutip Kompas kom
Pada 1983, seperti dipaparkan detik kom, ketika GMT melintasi Indonesia, masyarakat justru diminta untuk tidak melihatnya karena dikatakan dapat merusak mata.
Akhirnya, ketika astronom dan para pemburu gerhana dari Indonesia dan mancanegara menikmati keindahan momen totalitas, sebagian besar masyarakat Indonesia justru berdiam di dalam rumah dan tidak bisa ikut menikmati momen yang sangat berharga tersebut.
Menurut Thomas, yang berbahaya adalah melihat matahari secara langsung dalam waktu yang lama. Saat terjadi GMT, yang kali ini diperkirakan bakal terjadi selama 2-3 menit, yang harus diwaspadai adalah ketika terjadi peralihan dari GMT ke gerhana sebagian.
Ketika GMT yang gelap total, menurut Thomas, pupil mata membesar karena tidak ada cahaya. Saat GMT mulai berakhir dan matahari mulai terlihat lagi, mata harus segera dipalingkan agar pupil tidak menerima cahaya berlebih yang bisa merusak pengelihatan.
Oleh karena itu ada cara-cara yang bisa dilakukan guna mengamati gerhana matahari total dengan aman.

Berikut 4 tip untuk mengamati GMT dengan aman yang kami rangkum dari berbagai sumber:



1. Jangan menatap matahari secara langsung tanpa filter.
Penggunaan kacamata hitam, kacamata warna asap, filter polarisasi atau sebagainya juga dilarang. Tidak satu pun cara tersebut cukup kuat untuk melindungi mata Anda.
2. Gunakan filter matahari
Filter matahari biasanya tersedia pada kamera, teropong, dan teleskop. Adanya filter tersebut pada perangkat di atas sangat diperlukan, karena cahaya yang singkat pun dapat merusak penglihatan bahkan saat penutupan matahari juga masih dapat mengancam mata Anda.

Penduduk lokal Aceh sedang mengabadikan gerhana matahari menggunakan kamera di Banda Aceh, 22 Juli 2009
Penduduk lokal Aceh sedang mengabadikan gerhana matahari menggunakan kamera di Banda Aceh, 22 Juli 2009
© Hotli Simanjutak /EPA
3. Gunakan kacamata tukang las
Kacamata tukang las dengan tingkat kegelapan nomor 14 adalah salah satu filter yang paling terjangkau dan banyak tersedia. Anda dapat menggunakannya untuk melihat ke arah matahari. Kacamata tersebut harus sepenuhnya menutupi mata Anda di sepanjang waktu penelitian. Filter seperti itu juga dapat ditambahkan ke bagian depan objektif teropong Anda.

2 orang sedang mengamati gerhana matahari dengan menggunakan helm tukang las di Tirana, Albania, 20 Maret 2015
2 orang sedang mengamati gerhana matahari dengan menggunakan helm tukang las di Tirana, Albania, 20 Maret 2015
© Armando Babani /EPA
4. Buat alat proyektor lubang jarum
Seperti halnya metode pantulan, cara sederhana dan aman yang bisa digunakan oleh orang untuk melihat gerhana matahari adalah dengan memproyeksikannya pada sebuah lubang jarum (pin hole).
Proyeksikan pancaran gerhana Matahari pada lubang jarum, melalui sebuah mediasi kertas atau alat lainnya sehingga sebuah pantulan gerhana Matahari bisa terlihat dengan aman.



Penting..!!! Sebelum Melakukan Proses Download, Sebaiknya Anti Virus apapun di Komputer sobat harap di nonaktifkan Terlebih dahulu ya. Agar Patch Full Versionnya Dapat di Unduh juga. Makasih ^_^


GERHANA MATAHARI

Alternative Link..!! [Click Here]

0 Response to "GERHANA MATAHARI"

Posting Komentar